Jumat, 03 April 2009

Transistor Bipolar dan Unipolar


TRANSISTOR BIPOLAR

Pengertian Transistor Bipolar
BJT (Bipolar Junction Transistor) adalah: salah satu dari dua jenis transistor.BJT memiliki 3 terminal yaitu Emitor(E),Kolektor(K),dan Basis(B).
Perubahan arus listrik dalam jumlah kecil pada terminal basis dapat menghasilkan perubahan arus listrik dalam jumlah besar pada terminal kolektor.Prinsip inilah yang mendasari penggunaaan transistor sebagai penguat elektronik.Rasio antar arus pada kolektor dengan arus pada basis biasanyadilambangkan dengan B/hfe B biasanya berkisar sekitar 100 untuk transistor-transistor BJT.
Transistor Bipolar Terbagi Menjadi 2 Jenis:
NPN BJT(Bipolar Junction Transistor)
Pada transistor NPN collector mendapat kutub positive sumber tegangan sedangkan emitter mendapat kutub negative sumber tegangan.
PNP BJT(Bipolar Junction Transistor)
Pada transistor PNP collector mendapat kutub negative sumber tegangan sedangkan emitter mendapat kutub positive sumber tegangan
Pembiasan Transistor Bipolar
Ada beberapa cara pembiasan transistor antara lain:
1.Bias Forward-Forward
2.Bias Reverse-Reverse
3.Bias Forward-Reverse
Cara Kerja Transistor Bipolar:
Transistor Bipolar dinamakan demikian karena konduksi utamanya menggunakan dua polaritas pembawa muatan : electron dan lubang,untuk membawa arus listrik.Dalam BJT,arus listrik utama harus melewati 1 daerah atau lapisan pembatas dinamakan DEPLETION ZONE dan ketebalan lapisan ini dapat diatur dengan kecepatan tinggi dengan tujuan untuk mengatur aliran arus utama.

TRANSISTOR UNIPOLAR

Pengertian Transistor Unipolar
FET dibagi menjadi 2 yaitu: Junction FET (JFET) dan insulated Gate FET(IGFET) atau juga dikenal sebagai metal Oxide Silicon (atau Semiconductor) FET (MOSFET) berbeda dengan IGFET,terminal gate dalam JFET membentuk sebuah dioda dengan kanal.Secara fungsinya,ini membuat N-Chanel JFET menjadi sebuah versi Solid-State dari tabung vakum yang juga membentuk sebuah dioda antara grid dan katode. Dan juga, keduanya (JFET dan tabung vakum) bekerja di”DEPLETION MODE” keduanya memiliki impedansi input tinggi, dan keduanya menghantarkan arus listrik dibawah control tegangan input.
FET lebih jauh lagi dibagi menjadi dua yaitu:TIPE ENHANCEMENT MODE dan DEPLETION MODE.Mode menandakan polaritas dari tegangan gate dibandingkan dengan source saat FET menghantarkan listrik
N-Chanel FET sebagai contoh: dalam Depletion Mode, gate= negative dibandingkan dengan Source,sedangkan dalam Enhancemen Mode,gate = positif, aliran arus diantara source akan meningkat.Untuk P-Chanel FET, polaritas-polaritas semua di balik. Sebagian besar IGFET adalah tipe Enhancemen Mode, dan hamper semua JFET adalah tipe Depletion Mode.
Cara Kerja Transistor Unipolar
FET (juga dinamakan Transistor Unipolar) hanya menggunakan satu jenis pembawa muatan(Elektron atau hole,tergantung dari tipe FET).Dalam FET arus listrik utama mengalir dalam satu kanal konduksi sempit dengan Depletion Zone dikedua sisinya.(dibandingkan dengan transistor bipolar dimana daerah Basis memotong arah arus listrik utama). Dan ketebalan dari daerah perbatasan ini dapat dirubah dengan perubahan tegangan yang diberikan,untuk mengubah ketebalan kanal konduksi.

KONDISI TRANSISTOR SEBAGAI SAKLAR
Transistor yang dipergunakan sebagai saklar harus dikondisikan dalam 2 kondisi yaitu:
1.Kondisi Saturasi
# NPN akan saturasi apabila tegangan pada kaki basis lebih positif daripada kaki emitter,dan arus mengalir dari collector ke emitter.
# PNP akan saturasi apabila tegangan pada kai basis lebih negative dari pada kaki emitter,dan arus akan mengalir dari emitter ke collector.
2.Kondisi Cut-Off
# NPN akan cut-off apabila tegangan pada kaki basis lebih negative daripada kaki emitter dan arus tidak mengalir dari collector ke emitter.
# PNP akan cut-off apabila tegangan pada kaki basis lebih positive daripada kaki emitter dan arus tidak mengalir dariemitter ke collector.

TRANSISTOR DALAM KEADAAN SATURASI , MAKA BERLAKU
Kuat arus Ic mencapai maksimum
Nilai Vce sama dengan 0 volt
Tegangan pada beban sama dengan tegangan sumber (Vcc=VRc)
UNTUK MENGHITUNG RESISTANSI PADA BASIS MENGGUNAKAN RUMUS
Vcc-Ic.Rc-Vce
Karena keadaan saturasi Vce=0 maka rumusnya menjadi
Vcc-Ic.Rc=0
Ic=Bdc.Ib
Ib=Ic/Bdc

NB:
Tipe Transistor
UJT, BJT, JFET, IGFET (MOSFET), IGBT, HBT, MISFET, VMOSFET, MESFET, HEMT, SCR serta pengembangan dari transistor yaitu IC (Integrated Circuit) dan lain-lain

3 komentar:

  1. bagus,,,
    akan lebih bagus lagi kalau gambar-gambar transistornya di tambah....

    BalasHapus
  2. yup, lebih bgus lagi kalau ditambah gambar,, keterangan tentang 3 cara bias transistor, dll..

    BalasHapus